Tuesday, April 16, 2013

20 Manfaat Buah Pisang dan Kandungan-nya

Manfaat Buah Pisang secara umum seringkali dikaitkan dengan makanan yang banyak mengandung sumber karbohidrat dan protein. Padahal bukan hanya itu, secara keseluruhan buah pisang mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Masih banyak manfaat pisang yang belum diungkapkan baik secara langsung maupun di buku-buku bacaan. Namun, pada kesempatan ini kami tidak akan membahas semua manfaat yang terkandung dalam buah pisang melainkan beberapa saja.

Manfaat Buah Pisang


Buah pisang sangat identik dengan makanan pokok hewan dalam kelompok monyet dan kerabat dekatnya seperti orang utan, kera, siamang, dan lain sebagainya. Pohon pisang berasal dari tunas yang dapat tumbuh dan memanjang keatas serta memiliki daun lebar dan panjang. Buah ini tersusun dalam sebuah tandan, berkelompok seperti jari yang umum di sebutu sisir. Pada umumnya kita mengetahui buah pisang jika sudah matang akan berwarna kuning, padahal ada beberapa jenis pisang yang berwarna merah, jingga, hijau, ungu dan hampir hitam. Selain karbohidrat, kandungan yang banyak terdapat dalam buah pisang adalah kalium.

Jenis - Jenis Pisang

Buah pisang memiliki berbagai ragam jenis, pusat keragaman ini terletak di daerah Malesia ( bukan Malaysia ) yakni sebuah wilayah yang mencakup Asia Tenggara, Papua, dan Australia. Pisang termasuk tumbuhan tropis, oleh sebab itu di Indonesia petani pisang banyak yang menghasilkan buah dengan kualitas terbaik. Tanpa mengenal musim, dapat di tanam di wilayah Indonesia bagian manapun sehingga sangat menguntungkan bagi yang ingin budidaya buah pisang. Tanah kita ( Indonesia ) yang subur membuat pisang tidak membutuhkan obat - obatan ekstra untuk membudidayakan pisang.

Menurut Wikipedia, pisang dikelompokkan dalam beberapa kelompok antara lain :
  • Kelompok AA (diploid): pisang seribu, pisang lilin, pisang mas
  • Kelompok AAA (triploid, partenokarp): pisang susu, bananito, jenis-jenis pisang ambon/embun (seperti 'Ambon Putih', 'Ambon Hijau', 'Gros Michel' dan 'Cavendish'), pisang barangan
  • Kelompok AAB (triploid, partenokarp): jenis-jenis pisang raja, true plantain seperti kultivar 'Silk' dari Amerika Selatan, pisang tanduk
  • Kelompok ABB (triploid, partenokarp): pisang kepok, pisang siam
  • Kelompok AAAB (tetraploid, partenokarp):
  • Kelompok BB (diploid):
  • Kelompok BBB:
  • Kelompok AABB:
Manfaat Buah Pisang sebagai penghasil Energi
Pada tiap 100 gram buah pisang terkandung sekitar 136 kalori, yang didapat dari karbohidrat. Bahkan nilai energi ini dua kali lebih besar dibandingkan dengan Buah Apel. Dengan berat yang sama apel "hanya" mengandung 54 kalori. Kecepatan daya hisap tubuh kita untuk mengambil energi buah pisang lebih lambat jika dibandingan dengan gula pasir dan sirup. Akan tetapi, lebih cepat bila dibandingkan daya serap dari biskuit, roti, bahkan nasi sekalipun. Oleh sebab itu, banyak atlet yang mengkonsumsi pisang ketika jeda istirahat sebagai cadangan energi.

Energi yang terkandung dalam buah pisang merupakan jenis energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga sangat bermanfaat bagi kita yang membutuhkan energi atau kalori sesaat. Buah pisang juga mengandung gula yang disebut gula pisang, termasuk dalam jenis gula buah. Terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibanding dengan glukosa sehingga cukup baik digunakan untuk menyimpan energi karena lebih lambat saat dimetabolisme oleh tubuh. Jika Anda, pernah merasa mengantuk saat habis berfikir atau bekerja keras itu tandanya otak kekurangan energi sehingga disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang agar energi pulih kembali.

Kandungan Buah Pisang

  • Kalori 99 Kalori
  • Protein 1,2 Gram
  • Lemak 0,2 Gram
  • Karbohidrat 25,8 Miligram (Mg)
  • Serat 0,7 Gram, Kalsium 8 Mg
  • Fosfor 28 Mg
  • Besi 0,5 Mg
  • Vitamin A 44 Re
  • Vitamin B 0,08 Mg
  • Vitamin C 3 Mg
  • Air 72 Gram.


20 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

  1. Melancarkan peredaran darah : Kandungan kalium dan potasium yang cukup banyak terkandung dalam buah pisang dapat membantu sirkulasi oksigen ke otak menjadi lancar, kalium membuat denyut jantung menjadi lebih teratur. 
  2. Mengurangi resiko stroke dan mengatur tekanan darah agar normal kembali.
  3. Memperbaiki kerusakan usus dan menyehatkannya kembali. Selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan sembelit atau susah buah air besar. Kandungan serat yang cukup tinggi dapat dijadikan alternatif sebagai obat pencahar.
  4. Dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi inflamasi pada usus serta beberapa penyakit usus dan perut lainnya.
  5. Mengurangi gangguan pada penderita lever, cukup makan buah pisang dengan ditambah madu satu sampai dua sendok makan..
  6. Meningkatkan kesehatan otak
  7. Meningkatkan konsentrasi belajar
  8. Mempertahankan energi lebih lama saat dimakan setelah makan nasi
  9. Sumber tenaga yang mudah dicerna, lebih cepat ketimbang nasi
  10. Makanan pendukung untuk menambah stamina saat olah raga, biasanya orang yang Fitnes selalu mengkonsumsi jus buah pisang yang dicampur dengan suplemen.
  11. Meningkatkan kerja otot
  12. Meningkatkan kecepatan lari seorang pelari maraton, baru - baru ini diungkapkan oleh peneliti bila pelari tercepat didunia mengkonsumsi Usain Bolt bahkan orang Jamaikan pada umumnya hobi makan buah pisang. Sumber detik.com
  13. Mengurangi rasa sakit saat menstruasi
  14. Mengatasi Anemia, karena didalam buah pisang terdapat kandungan zat besi yang cukup banyak.
  15. Mengobati bentol - bentol bekas gigitan nyamuk, selain itu juga mengurangi rasa gatal
  16. Membantu ibu hamil untuk memperoleh energi yang cukup bagi kebutuhan janinnya. Namun harus dibatasi sebab kandungan karbohidrat buah pisang cukup tinggi.
  17. Manfaat buah pisang juga dapat diandalkan untuk menunjang kecantikan. Caranya dengan membuat bubur pisang dicampur dengan susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari selama 30-40 menit.
  18. Membantu meringankan luka bakar
  19. Membantu program diet untuk menurunkan berat badan.
  20. Bagi Anda yang diabetes sebaiknya konsumsi buah pisang untuk mendapatkan gula yang benar - benar sehat. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bila buah pisang mengandung gula buah yang memiliki indek glikemik lebih rendah ketimbang dengan glukosa.
Sebenarnya masih banyak lagi Manfaat Buah Pisang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk sementara, hanya 20 Manfaat di ataslah yang dapat kami sampaikan. Semoga menambah wawasan untuk kita semua agar mempertimbangkan buah pisang sebagai makanan tambahan. Sebab, selain harganya yang murah manfaat buah pisang sangat banyak dan menakjubkan.

No comments:

Post a Comment