Thursday, January 24, 2013

Cara Budidaya Jamur Tiram pada Lahan Terbatas

Hai sobat, kali ini Yuki akan membahas cara budidaya jamur tiram di dataran rendah yang mudah - mudahan  dapat membantu kita semua untuk mengembangkan bisnis. Seperti yang kita ketahui jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang paling banyak di konsumsi dan memiliki harga ekonomis menjanjikan. Proses budidayanya pun juga tidak tergolong sulit. Hanya membutuhkan lahan untuk membuat rumah jamur dan beberapa pengetahuan tentang budidaya itu sendiri.

Dari hasil pencarian di youtube kami berhasil menemukan salah satu video yang cukup menarik untuk disimak. Yakni video kunjungan di daerah Manukan Kulon Surabaya, salah satu tempat terkenal budidaya jamur di provinsi Jawa timur. Ruang inkubasi jamur terlihat sederhana, tapi hasilnya luar biasa. Jamur yang dibudidayakan hasilnya sangat besar dan memuaskan.

Salah satu usaha agrobisnis yang paling realistis adalah budidaya jamur tiram. usaha ini memiliki kelebihan di banding usaha yang lainnya. Para pengunjung budidaya jamur sangat semangat untuk mengikuti acara memetik jamur yang siap dipanen. Setelah selesai memetik jamur tiram, ujung akar di pisahkan dengan daging agar bersih saat dikemas. Salah seorang petani jamur menjelaskan kepada pengunjung tentang budidaya jamur tiram. Itulah kutipan narasi dari video kunjungan ke rumah jamur yang siap di panen.

Cara Budidaya Jamur

cara budidaya jamur

1. Persiapan
Hal paling utama dari semua budidaya jamur adalah lahan atau bangunan yang dijadikan tempat budidaya jamur. Untuk permulaan tidak perlu membangun tempat yang besar karena membutuhkan modal besar. Namun yang harus diperhatikan ruangan tersebut memenuhi kriteria sebagai berikut.

Ruang Persiapan
Adalah ruang yang secara khusus digunakan untuk melakukan segala macam persiapan mulai dari pengayakan, mencampurkan bibit, sampai sterilisisasi. Ruangan ini dibutuhkan jika Anda juga berniat untuk membuat dan mengembangkan bibit jamur tiram sendiri. Jika jadi petani biasa tidak usah membangun ruangan semacam ini.

Ruang Inokulasi
Jika ruang persiapan tadi untuk membuat bibit, lain halnya dengan ruang inokulasi dimana ruangan ini secara khusus dijadikan tempat untuk memasukkan bibit pada media tanam. Syarat dari ruangan ini yang pertama harus mudah dibersihkan, memiliki ventilasi yang cukup untuk menghindari bibit terkontaminasi oleh bakteri yang merugikan.

Ruang Inkubasi
Nah, inilah yang dibutuhkan oleh petani jamur untuk membesarkan messelium jamur. Dibuat sedimikian rupa agar dapat menampung jamur dalam jumlah banyak. Biasanya menggunakan rak dari kayu/bambu atau menggunakan tali rafia yang digantung - gantung. Bisa mencontoh dari petani jamur yang ada di daerah Anda. Secara teori suhu dari ruang inkubasi yakni 22-29 derajat celcius dengan kelembaban mencapai 60-80 yang mudah dicapai pada wilayah dataran tinggi. Sehingga perlu adanya pelatihan khusus jika Anda berada di daerah dataran rendah.

Ruang Penanaman
Hampir sama dengan ruang inkubasi, bedanya adalah ruang ini untuk membesarkan batang atau akar dari jamur hingga siap dipanen. Diruangan ini terdapat alat yang digunakan untuk menjaga kelembaban udara 80-90 persen pada suhu 16-22 derajat celcius.

Cara Budidaya Jamur

cara budidaya jamur

2. Alat dan Bahan Budidaya Jamur Tiram
Perlu adanya persiapan alan dan bahan untuk budidaya jamur tiram seperti cangkul, sekop, totol, boiler, gerobak, sendok bibit, centong, mixer.

3. Proses
Mempersiapkan bahan mutlak diperlukan jika Anda memulai budidaya jamur dari pembibitan. Seperti menyiapkan serbuk gergaji, bekatul, kapur, gips, tepung jagung, dan glukosa. Mengayak serbuk gergaji agar bulir serbuk merata 

Diatas semua adalah proses pembuatan jamur dari pembibitan sampai pembuatan baglog. Jika tidak ingin direpotkan dengan seluruh bahan sebaiknya belilah baglog siap pakai yang banyak dijual oleh pengusaha jamur bibit. Sehingga yang dibutuhkan hanyalah ruang inkubasi dan ruang untuk pembesaran bibit saja. Hal ini mempermudah proses budidaya jamur sehingga peluang bisnis semakin terbuka. Kekuranganya biaya yang dibutuhkan lebih besar karena kita harus membeli baglog dengan harga relatif mahal. Cukup sampai disini informasi yang dapat kami sampaikan mengenai budidaya jamur tiram.

Sumber : http://karodalnet.blogspot.com/2012/09/cara-budidaya-jamur-tiram.html

20 comments:

  1. sya sbnarnya pngen sampingan budidaya jmur tiram, hnya saja sya jrang brtemu dgan para pmilik usha jmur tram..mngkn dari tmen" bsa kasih info ora yg mgmbgkan usha ini di daera lawean surakarta..trm ksih

    ReplyDelete
  2. Salam kenal,utk mendapatkan hasil yg lebih maksimal maka Produk dari Nasa ini sudah tebukti keunggulan nya:

    http://organiknusantara.blogspot.com/2013/03/poc-nasa.html
    http://organiknusantara.blogspot.com/2013/03/hormonik.html

    Budidaya Jamur tiram dengan menggunakan POC Nasa dan Harmonik

    ReplyDelete
  3. sangat membantu sekali, terimakasih ya

    ReplyDelete
  4. bagus banget infonya. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. apakah iklim sangat berpengaruh dan paling menentukan dalam budidaya jamur ini..?

    ReplyDelete
  6. budidaya jamur tiram memang menyenangkan..

    ReplyDelete
  7. Untuk modal pertama kali bangun budaya ini jamur tiram, dibutuhkan berapa banyak ya ?

    dan kira modal akan balik dalam berapa kali panen?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  8. saya sama ingin mengembangkan usaha itu tapi saya tidak ada link untuk mendapatkan informasi diantaranya adalah:
    1. Modal yg harus saya miliki
    2.Bagaimana cara mendapatkan bibit jamur tersebut
    3. Bagaimana cara perawatan yg optimal
    4. Bagaimana cara pemasarannya.
    Bagi teman - taman Jika ada mohon informasi ke saya di email agung@halimrayasamudra.com
    salam
    agung

    ReplyDelete
  9. untuk yang ingin lebih jelas...silahkan berkunnjung ke web kami di http://carabudidayajamurtiram.net/
    kami menyediakan jasa tutorial baik dalam bentuk video maupun teks-nya...

    ReplyDelete
  10. sepertinya mudah, terimakasih atas informasinya sangat bagus

    ReplyDelete
  11. Didaerah kawasan saya, Purwodadi Grobogan sudah ada beberapa orang yang membudidayakannya, pernah juga mencoba memasaknya...lumayan enak!

    ReplyDelete
  12. Panen jamur memang mau memerlukan modal yang besar

    ReplyDelete
  13. Goodd posting. Bisa diajukan ke GKN nich!

    ReplyDelete
  14. Sobat, sebenarnya saya sangat berminat untuk membudidayakan jamur tiram tersebut, dan perlu di ketahui kami mempunyai lahan yang minim 6 X 6 di dataran rendah daerah Tanggul Jember. Mungkin sobat bisa memberikan informasi berapa Biaya produksinya...Thank's

    ReplyDelete
  15. NUMPANG DIKIT YA GAN.,.,
    BAGI REKAN2 YANG INGIN INFO LENGKAP TENTANG CARA BUDIDAYA JAMUR TIRAM KLIK
    www.carabudidayajamurtiramputih.com

    ReplyDelete