Monday, December 17, 2012

Cara Mengobati Infeksi Telinga Dan Penyebabnya

Cara Mengobati Infeksi Telinga Dan Penyebabnya. Infeksi telinga akut atau sering sebagai Otitis media akut merupakan salah satu penyakit yang menyerang anak. Radang ini menyerang bagian telinga tengah dan menginfeksinorgan tersebut, sehingga orang awam akan merasa bingung dengan apa yang terjadi pada telinganya. Tanpa sebab yang jelas tiba - tiba Anda merasa ada yang menyumbat pada telinga sebelah. Telinga seperti berdenging atau kemasukan air padahal tidak kemasukannoleh air.  

Cara Mengobati Infeksi TelingaCara Mengobati Infeksi Telinga

Menurut dunia medis atau kedokteran infeksi telinga disebabkan oleh adanya bakteri yang menginfeksi telinga. Bakteri tersebut ada beberapa macam antara lain seperti bakteri piogenik Streptococus hemolyticus, staphylococus aureus. Ada juga yang disebabkan karena bakteri yang menginfeksi saluran pernafasan H. influenza dan bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan seperti E. Coli.

Bagaimana bakteri tersebut dapat menginfeksi telinga ? Jawabannya adalah pada saat kekebalan tubuh turun maka bakteri dapat dengan mudash menginfeksi organ dalam tubuh. Khususnya pertahanan tubuh yang menjaga kesterilan telinga bagian tengah. Kekebalan menurun ini disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan pada telinga. Misalnya jarang membersihkan telinga dengan cotton bud. Sehingga terjadi sumbatan pada Tuba Eustachius yang bertugas mencegah invasi kuman. Infeksi teling ini juga sering dikaitkan dengan adanya infeksi pada saluran pernafasan atas. Akan tetapi yang paling sering terkena infeksi telinga akut ini adalah bayi karena tuba eustachiusnya pendek, lebar, dan letaknya horizontal.

Cara mengatasi infeksi telinga cukup merepotkan meski kedengarannya sederhana tapi infeksi telinga ini ada 5 (lima) stadium. Tiap - tiap stadium memiliki gejala dan tanda masing - masing. Jika ditulis lengkap maka seperti buku 3 halaman penuh. Tapi tenang saya akan membahasnya sesingkat mungkin agar mudah dipahami.  

Cara Mengobati Infeksi Telinga

Cara Mengobati Infeksi Telinga

Stadium Oklusi Jika diamati secara langsung menggunakan alat khusus untuk melihat bagian dalam telinga berbentuk kerucut maka membran timpani ( bagian dalam telinga jika terkena sinar cahaya senter mengkilap putih ) berwarna keruh pucat. Cara mengobati infeksi telinga stadium ini biasanya ditujukan untuk membuka kembali tuba eustasius yang tertutup karena infeksi. Berikan obat tetes hidung HCI efedrin 0,5% untuk anak dibawah usia 12 tahun atau 1% jika usianya diatas 12 tahun. Jika infeksi disebabkan karena kuman maka harus diberi antibiotik agar sumbe penyakit dapat dimusnahkan.

Stadium lainnya harus dibawa ke dokter spesialis THT untuk diberi perawatan lebih lanjut sebab jika penangannya salah malah mengakibatkan infeksi yang lebih parah. Itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mengobati infeksi telinga.

5 comments:

  1. terima kasih atas infonya..sangat berguna sekali untuk saya

    ReplyDelete
  2. Thanks ya Mas Gan,, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  3. infeksi pada telinga bayi penyebanya bisa juga dari saat ditindik kupingnya terutama pada bayi perempuan, cek yuk infonya disini http://goo.gl/RyDLqY

    ReplyDelete