Sunday, December 16, 2012

Cara Mengatasi Keputihan dan Mengobati pada wanita

Cara Mengatasi Keputihan ada beberapa yang bisa diandalkan dan akan dijelaskan secara rinci berikut ini. Sebelum memasuki tahap pembahasan sebaiknya kita harus tahu apa itu Keputihan dan apa akibatnya bila keputihan tidak segera diatasi. Istilah keputihan adalah istilah yang biasa disebut oleh masyarakat pada penyakit yang jamur yang menginfeksi bagian kewanitaan. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca pembahasan saya yang kemarin berjudul Penyebab Keputihan.

Cara Mengatasi Keputihan

Cara Mengatasi Keputihan


Sebenarnya ada cara yang lebih efisien dan praktis yakni mengandalkan bahan alami dari alam. Bahan tradisional yang satu ini sudah sejak lama dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi keputihan. Adalah daun sirih, tumbuhan yang dapat tumbuh di semua wilayah Indonesia ini sangat mudah ditanam dan dikembangbiakkan. Kita hanya membutuhkan sedikit ruang kosong untuk menanamnya. Baik di luar ruangan maupun didalam ruangan dengan syarat harus terkena matahari langsung untuk berfotosintesis maka daun sirih dapat tumbuh sehat.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Daun Sirih

Daun Sirih
Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih dapat dilakukan dengan mengolahnya sebagai berikut. Ambil daun sirih kira - kira 10 lembar lalu cuci hingga bersih, yang perlu di perhatikan adalah ketika Anda memetik daun sirih sebisa mungkin jangan menghilangkan tangkainya karena disinilah kunci pengobatan tersebut. Di dalam tangkai daun sirih terdapat sejenis getah atau cairan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi keputihan pada wanita. Jika sudah dicuci dan yakin daun sirih sudah bersih, siapkan air sebanyak 2,5 liter taruh di panci kemudian rebus sampai mendidih dan air didalamnya berkurang kira - kira sisa 2 literan. Biarkan air rebusan daun sirih dalam beberapa waktu sampai dingin. Setelah itu basuh organ kewanitaan dengan air rebusan daun sirih hingga bersih. Gunakan cara ini secara teratur sampai keputihan pada wanita hilang dan Anda bisa bebas dari masalah.

Cara Mengatasi Keputihan

Cara Mengatasi Keputihan



Cara Mengatasi Keputihan Dengan Sambiloto

Sambiloto
Tak hanya daun sirih saja yang dapat diandalkan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Ada salah satu tanaman yang juga biasa ditanam sebagai TOGA yakni sambiloto. Tanaman ini sudah dipercaya sejak lama dapat digunakan untuk mengobati keputihan pada wanita. Prakteknya pun mudah dilakukan dan dipahami siapa saja. Berikut akan kami jelaskan mengenati Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dengan Sambiloto. Ambil daun dan tangkai sambiloto secukupnya kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu siapkan 1,5 liter air masukkan kedalam wadah kemudian rebus sampai airnya tersisa 1 liter saja. Diminum secara teratur 3 kali sehari sampai sembuh. Jika Anda tidak suka rasa pahit yang mungkin ditimbilkan oleh ramuan ini dapat ditambahkan dengan madu. Kenapa Madu ? Selain memberikan rasa manis, madu juga meningkatkan khasiat ramuan yang pernah saya bahas pada artikel Manfaat Madu.

Cara Mengobati Keputihan

( Secara Medis )


Dijaman modern seperti saat ini sudah banyak wanita yang enggan untuk menggunakan tanaman tradisional dalam mengatasi masalah kesehatan. Apalagi wanita yang hidup dikota sudah sangat susah menjumpai tanaman yang kami sebutkan diatas. Sehingga solusinya hanya satu, yakni menggunakan pengobatan secara medis dengan menggunakan obat dalam kemasan. Hanya saja penggunaana cara medis ini harus sesuai resep dokter atau dari bidan setempat yang berwenang dalam mengatasi masalah kesehatan secara resmi.

Kenapa harus diperiksakan ke dokter ? Jawabannya adalah keputihan hanyalah sebuah nama dari infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus. Jika penyebabnya jamur maka pengobatannya pun juga berbeda dengan pengobatan yang diberikan pada virus. Oleh sebab itu harus ada diagnosis yang spesifik mengenai penyebabnya apa sehingga obanya tepat sasaran. Sebenarnya kita bisa mendeteksi masalah pada organ ini dengan mengetahui gejalanya seperti yang pernah saya bahas pada penyebab keputihan.

Diagnosis dan cara mengobati keputihan

Trichomonas. Gejala atau tanda - tanda bila terinfeksi trikomonas mengeluarkan bau tak sedap, cairan keluar banyak berwarna putih kekuningan, timbul iritasi dan gatal. Biasanya disertai bengkak dan kemerahan yang disebabkan melebarnya pembuluh darah. Cara Mengobati Keputihan karena Trikomonas.

  • Terapi jika terkena trikomonas diberikan metronidazole 3x250 mg/hari diminum selama 7 hari. Jika Anda hamil tidak boleh mengkonsumsi obat ini karena dapat menggangu janin khususnya pada bulan - bulan awal masa kehamilan. 
  • Bisa juga diberikan terapi Klotrimazol 100mg/hari dimasukkan kedalam organ intim.

Kandidasis Vulvova****L. Jika terinfeksi jenis ini biasanya wanita mengeluh panas jika diinspeksi secara langsung terdapat cairan seperti putih keju khas jamur. Dan didinding organ intim juga terdapat gumpalan yang warnanya putih kekuning - kuningan mirip mentega. Jika Anda mengalami masalah ini sebaiknya berikan terapi obat jamur seperti:

  • Pemberian klotrimazol sebanyak 100mg per hari dikonsumsi selama 7 hari penuh

Va****sis backterial. Tanda - tandanya keluar bau amis terutama keluar saat Anda melakukan hubungan dengan suami Anda. Bau amis ini mirip seperti ikan asin dibarengi dengan keluarnya cairan yang cukup banyak. Jika Anda salah satu yang mengalami masalah ini Cara Mengatasi Keputihan karena bakteri sebaiknya berikan terapi berupa :

  • Pemberian Metronidazol sebanyak 250 mg selama 3 kali dalam sehari. Lakukan setiap hari selama 7 hari penuh.

Gonore. Inilah yang paling berbahaya dan susah di deteksi secara langsung karena wanita yang terkena penyakit ini tidak merasakan sakit apa - apa berbeda jika di alami laki - laki yang pada saat kencing akan merasa sakit luar biasa dan di celana dalamnya terdapat bercak seperti nanah. Untuk pendeteksiannya sendiri sebaiknya dilakukan dirumah sakit dengan fasilitas laboratorium lengkap. Dilaboratorium nantinya akan diambil sampel cairan organ intim untuk dibawa kelaboratorium. Untuk pengobatannya cukup ekstrem dan mungkin hanya orang - orang tertentu saja seperti dokter dan perawat yang tau pengobatan ini, Cara Mengobati Keputihan karena Gonore yakni :

  • Minum antibiotik 7x500 mg dalam satu kali minum kemudian dihari berikutnya sehari 3 kali saja. Jika Anda tidak yakin dengan cara ini gunakan cara kedua. ( Tidak untuk orang awam harus dengan resep dokter )
  • Konsumsi obat yang bernama Doksisiklin 2 x 100 mg/hari selama 7 hari penuh jangan sampai putus karena virusnya bisa resisten terhadap obat ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati sebaiknya ketika Anda masih sehat cegahlah keputihan dengan cara menghindari pemakaian celana ketat, hindari penggunaan pembersih organ intim yang banyak diiklankan di televisi karena pembersih tersebut mengandung deterjen yang dapat membunuh bakteri normal dalam organ intim, bersihkan secara teratur bagian intensif, rawatlah seperti merawat muka Anda, perbanyak konsumsi makanan sehat dan seimbang yang didalamnya terdapat bawang putih. Itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai Cara mengatasi keputihan dan Mengobatinya pada wanita semoga bermanfaat.