Monday, December 3, 2012

Cara Merawat Hamster yang baik dan benar

Cara merawat hamster merupakan bagian penting yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk memelihara. Hewan bertampang imut ini merupakan salah satu hewan yang cukup diminati oleh masyarakat. Tidak hanya di Indonesia saja, tapi di luar negeri pun banyak yang memelihara hewan ini sekedar untuk hobi atau pelengkap rumah. Memang jika rumah tanpa hewan peliharaan kurang ramai rasanya. Untungnya untuk memelihara hamster tidak akan membuat kita kena sangsi undang - undang di Indonesia.

Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat merawat hamster agar tumbuh baik antara lain sebagai berikut :

  • Kandang

Saat membeli hamster di toko hewan sebaiknya beli juga perlengkapan lain seperti kandang. Ada beberapa jenis kandang berdasarkan jenis bahannya yakni terbuat dari kayu, kaca, plastik, atau besi. Jenis bahan tersebut memiliki kekurangan masing - masing. Tidak masalah Anda ingin memakai kandang dari bahan apa sebaiknya pilihlah bahan yang terbuat dari besi atau kaca selain kuat bahan ini juga bisa tahan lama. Biasanya, jika hamster sedang lapar mereka akan menggigit apapun yang ada didepannya. Bahkan kandang yang terbuat dari kayu atau plastik tipis pun bisa dikunyahnya.

Sebaiknya pilih ukuran kandang yang agak besar agar hamster tidak stres. Dengan adanya kandang yang besar kita bisa menempatkan mainan khusus untuk hamster. Biasanya hamster lebih suka mainan roda putar atau dalam bahasa jawanya jogging wheel.


  • Alas Kandang

Saat membeli kandang biasanya kita akan diarahkan oleh pemilik toko untuk memilih alas kandangnya sekaligus. Bisa dari karpet, kayu, atau yang lainnya tergantung selera Anda. Banyak juga orang yang kreatif membuat desain alas kandang menyesuaikan kandangnya sendiri. Bisa juga alas kandang tersebut terbuat dari potongan kertas atau tissue. Karena potongan kertas dapat dijadikan cara merawat hamster agar bisa bermain membuat kandangnya sendiri.


  • Pemilihan makanan

Beberapa diantara kita yang sering nonton film kartun pasti sudah tahu makanan hamster. Yah, benar pasti Anda berfikir biji bunga matahari. Bukan berarti ini satu-satunya makanan yang dikonsumsi oleh hamster tapi ada banyak makanan yang disukai oleh hamster. Hewan ini termasuk rakus dalam artian bisa memakan segala jenis makanan. Mulai dari sayur-sayuran, biji-bijian, sampai daun bawang dan makanan berbau menyengat pun bisa dimakannya. Tapi sebaiknya hindari makanan yang menimbulkan bau tak sedap agar hamster juga tidak bau.

Cara merawat hamster agar tidak gemuk dengan sering memberi makanan berupa sayur - sayuran apa saja asalkan tidak menimbulkan bau. Jangan terlalu sering diberi biji bunga matahari karena bisa membuat hamster cepat gemuk.

9 comments:

  1. kalau cara membuat hamster tidak suka berkelahi bagaimana?

    ReplyDelete
  2. infonya untuk merawat hosternya sangat memebentu soalnya saya sangat kesulitan memelihara hoster terimakasih sudah mau berbagi informasi

    ReplyDelete
  3. wah artikelnya bermanfaat bangets

    ReplyDelete
  4. infonya bermanfaat sekali
    baru tau kalo dikasih biji bunga mataharo jadi cepet gemuk. oiya, apa tanda2 hamster stres & bagaimana cara penanganannya???

    tfs ya

    ReplyDelete
  5. tapi ko hamster saya ko gigit aku terus?

    ReplyDelete
  6. maksih buat tips and sarannya sangat membantu sekali
    mau tnyak jga nie caranya ternak hamster gmana gan
    salam sukses

    ReplyDelete