Sunday, March 24, 2013

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Sehat

Cara Menghilangkan Jerawat, memang cukup merepotkan khususnya bagi yang memiliki wajah dengan jerawat berlebih. Jerawat juga bisa dikategorikan sebagai penyakit kulit, dalam bahasa jawanya sering disebut sebagai acne vulgaris. Disebabkan oleh perubahan struktur pada pilosebasesa, bagian kulit yang berfungsi sebagai kelenjar minyak. Hal paling menjengkelkan dari jerawat adalah kemunculannya yang tiba - tiba. Kadang, dimalam hari saat bercermin wajah masih mulus, saat bangun tidur dipagi hari tau - tau sudah ada jerawat yang tumbuh di wajah. Ada banyak cara mengobati dan mencegah jerawat tanpa obat - obatan atau zat kimia seperti akan akan kami bahas saat ini, yakni cara menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat


Kombinasi beberapa bahan seperti aspirin, air dan madu untuk membuat master asam salisilat dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Asam salisilat merupakan cara yang paling umum digunakan untuk membasmi jerawat dan membersihkan kulit dari peradangan.

  • Campur tumbukan aspirin dengan sedikit air. Pastikan Anda menghancurkan aspirin sampai halus agar efeknya dapat segera terlihat.
  • Tambahkan satu sendok teh madu, digunakan sebagai antibakterial. Selain itu, madu juga dapat membunuh bakteri serta melembutkan dan melembabkan kulit.
  • Oleskan masker pada wajah kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.
Menggunakan putih telur untuk masker wajah dapat merawat dan menghaluskan kulit berjerawat. Vitamin B yang terkandung dalam telur akan membasmi jerawat dan membentuk kulit wajah Anda seperti semula.
  • Pisahkan putih telur dengan kuningnya kedalam wadah, gunakan putih telur tersebut sebagai masker wajah.
  • Kocok putih telur sampai berwarna putih kental. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan adukan tad pada wajah sebagai masker.
  • Biarkan mengering selama kurang lebih 20 menit, bilas dengan sabun khusus muka dan air bersih. Pastikan saat membilas wajah harus benar - benar bersih.
Oatmeal merupakan salah satu hormon yang terkandung dalam gandum berserat tinggi. Bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, otmeal sangat baik bagi kesehatan terutama jantung. Bahkan ahli gizi dunia menganjurkan orang dengan kolesterol berlebih mengkonsumsi makanan ini setiap hari. Selain bermanfaat untuk jantung ternyata oatmeal dapat dimanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Jika kita sering melihat televisi maka pasti pernah melihat iklan quacker out makanan inilah yang mengandung oatmeal. Oatmeal juga dapat dijadikan sebagai Cara Menghilangkan Jerawat.
  • Campur satu cangkir oatmeal dengan air panas ( mendidih ) 2/3 gelas. Aduk rata kemudian biarkan oatmeal dingin.
  • Tambahkan 1/4 cangkir madu kedalam oatmeal yang dingin. Tambahan madu ini bermanfaat sebagai antibakteri dan pelembab.
  • Usapkan pada wajah dan biarkan mengering selama 20 menit. Bilas hingga bersih menggunakan sabun lembut dan air hangat.
Memanfaatkan masker dari baking soda untuk mengangkat sel kulit mati. Sebab, sel kulit mati sering dianggap sebaggai salah satu penyebab jerawat dan kulit kusam.
  • Campur ½ cangkir baking soda dengan satu sendok teh air hangat. Tujuannya adalah untuk membuat pasta, kadar air bisa disesuaikan sendiri.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian usapkan bahan diatas di seluruh wajah. Pijat secara perlahan untuk merangsang kulit mati agar sedikit kendor dan terlepas dari wajah.
  • Bilas dengan air hangat dan sabun. Gunakan cara ini secara teratur.
Baca juga :

  1. Cara menghilangkan bulu ketiak
  2. Cara menghilangkan bulu kaki
  3. Cara menghilangkan bekas jeravat 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan mencegahnya tumbuh kembali

Jangan hanya menghilangkan jerawat saja melainkan rawatlah wajah Anda secara teratur. Jerawat tidak akan muncul jika Anda menjaga pola hidup yang bersih dan sehat. Ada beberapa tips yang dianjurkan oleh pakar kesehatan dunia kepada seseorang dengan jerawat berlebih. Memang ada beberapa orang dengan kelainan bawaan ( genetis ) tapi tak ada salahnya menerapkan cara menghilangkan jerawat berikut ini.

Jangan memencet jerawat. Jangan menganggap remeh masalah ini, bila Anda memencet jerawat bukan berarti masalah langsung selesai justru akan timbul masalah baru. Bekas jerawat akibat di pijat dapat menimbulkan jaringan parut pada wajah. Bekas jerawat inilah yang akan menghantui Anda seumur hidup karena tidak akan bisa hilang kecuali dengan operasi plastik.

Hindari stress yang berlebih. Memang mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari karena selama kita masih hidup masalah akan muncul tanpa henti. Meski begitu tak ada salahnya Anda mencoba merilekskan tubuh sejenak dari kegiatan yang menguras pikiran hingga membuat Anda stres dengan berjalan - jalan bersama keluarkan, mengunjungi tempat - tempat dengan udara sejuk misalnya di wisata pegunungan maupun dipantai. Jika Anda termasuk orang super sibuk yang tidak dapat meninggalkan pekerjaan terlalu lama bisa menerapkan tips berikut ini.
  • Cobalah untuk menenangkan pikiran bisa dengan shalat teratur ( muslim ) dan meditasi atau yoga. Kegiatan ini dipercaya dan sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan stress terutama yang pertama.
  • Pergi ketempat fitnes ( Gym ). Angkat beban dapat dijadikan sebagai metode alami menghilangkan stress. Saat melakukan olahraga, endorfin dalam tubuh akan lepas dan meringankan suasana hati Anda.
  • Evaluasi lingkungan Anda. Selain pekerjaan yang padat, lokasi tempat bekerja juga bisa menjadi salah satu penyebab stress. Terutama pekerjaan berbahaya dengan kadar zat beracun yang tinggi dan lingkungan penuh polusi udara.
Cuci wajah Anda tapi jangan berlebihan. Mencuci wajah meski terdengar baik jika berlebih malah akan mengiritas kulit dan membuat kemerahan.
  • Gunakan sabun yang sesuai jenis kulit Anda. Jika Anda ragu dan ingin murah meriah gunakan saja sabun bayi  untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada wajah Anda. Jangan sekali - kali menggunakan sabun  tangan atau deterjen, jika perlu periksa ke dokter kulit tanyakan sabun yang sesuai untuk kulit wajah Anda.
  • Saat mencuci wajah dengan sabun pijat secara perlahan agar sel kulit mati ikut terlepas.
Cuci rambut secara teratur. Minyak pada rambut dapat mengalir pada wajah tanpa kita sadari oleh sebab itu perlu adanya kesinambungan antara membersihkan wajah dengan rambut.
  • Jika Anda mempunyai rambut panjang, ikatlah atau sisir kebelakangan agar rambut yang berminyak tidak menempel pada wajah. Bukan hanya minyak saja yang ikut menempel melainkan juga bakteri pada rambut juga akan menempel.
Cuci sarung bantal secara teratur. Kebersihan adalah sebagian dari iman, itulah mengapa kita harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Minyak dan residu keluar saat kita tidur tanpa disadari, membuat sarang bagi sebagian besar bakteri penyebab jerawat. Oleh sebab itu, harus dicuci secara teratur jika perlu jemur bantal di bawah sinar matahari karena sinar UV dapat membunuh bakteri dan kutu pada bantal tersebut. Cukup sampai disini saja pembahasan kami mengenai cara menghilangkan jerawat.